Selasa, 01 April 2014

KONSEP AKUNTANSI DARI PENGGABUNGAN USAHA DAN AKUNTANSI UNTUK INVESTASI DALAM SAHAM

Menurut PSAK No. 22 tentang Penggabungan Usaha, 
    "Penggabungan usaha adalah penyatuan dua atau lebih perusahaan yang terpisah menjadi satu entitas ekonomi karena satu perusahaan menyatu dengan perusahaan lain atau memperoleh kendali atas aktiva dan operasi perusahan lain"

Metode akuntansi yang digunakan dalam penggabungan usaha
  •  Metode Penyatuan Kepemilikan adalah kepemilikan perusahaan-perusahaan yang bergabung adalah satu kesatuan dan secara relatif tetap tidak berubah pada entitas akuntansi yang baru.
  •  Metode Pembelian adalah suatu transaksi yang salah satu entitas memperoleh aktiva bersih dari perusahaan-perusahaan lain yang bergabung.
AKUNTANSI INVESTASI SAHAM  

Investasi dalam saham artinya sebuah perusahaan memiliki kepemilikan di perusahaan lain melalui kepemilikan sahamnya. Jika jumlah kepemilikan kurang dari 50% maka perusahaan dikatakan memiliki pengendalian atau kontrol terhadap perusahaan tersebut 

 Metode Penilaian Investasi
 
  •      Metode biaya                                                                                                                          Dengan menggunakan metode biaya, investasi dicatat sebesar biaya perolehan.
  •     Metode ekuitas                                                                                                                        Dengan menggunakan metode ekuitas pemerintah mencatat investasi awal sebesar biaya perolehan dan ditambah atau dikurangi sebesar bagian laba atau rugi pemerintah setelah tanggal perolehan.
  •     Metode nilai bersih yang dapat direalisasikan                                                                    Metode nilai bersih yang dapat direalisasikan digunakan terutama untuk kepemilikan yang akan dilepas/dijual dalam jangka waktu dekat
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar