Sabtu, 28 Desember 2013

KOMUNIKASI BISNIS

BENTUK DASAR KOMUNIKASI
      Komunikasi bisa terjadi dalam bentuk.misalnya, percakapan melalui telepon, mendengarkan radio, tatap muka langsung, menulis memo, membaca surat kabar, dsb. benyuk dasar komunikasi ada dua, yaitu komunikasi nonverbal dan komunikasi verbal.
1. Komunikasi Nonverbal
       komunikasi nonverbal adalah kumpulan isyarat, gerak tubuh, intonasi suara, sikap,dsb. komunikasi nonverbal sering disebut bahasa isyarat atau bahasa diam (silent language). ahli antropologi mengungkapkan bahwa sebelum kata-kata ditemukan, komunikasi terjadi melalui gerakan badan atau bahasa tubuh (body language). sebagai contoh, membelalakkan mata atau mengepal tangan untuk menyatakan kemarahaan,mengangguk untuk menyatakan persetujuan,saling bersentuhan untuk menyatakan perhatian, dan lain sebagainya.
     studi menarik yang dilakukan oleh Albert Mahrabian pada tahun 1971 menyimpulkan bahwa tigkat kepercayaan yang bersumber dari pembicaraan orang hanya 7% yang berasal dari bahasa verbal, 38% dari vokal suara, dan 55% dari ekspresi wajah.

menurut mark knap fungsi komunikasi nonverbal adalah :
  • meyakinkan apa yang diucapkan (repetition)
  • menunjukkan perasaan atau emosi yang tidak bisa diutarakan dengan kata-kata (substitution)
  • menunjukkan jati diri sehingga orang lain bisa mengenalnya (identity)
  • menambah atau melengkapi ucapan-ucapan yang dirasa belum sempurna
2. Komunikasi Verbal
       komunikasi verbal merupakan suatu bentuk komunikasi dimana pesan disampaikan secara lisan atau tertulis menggunakan suatu bahasa. bahasa didefinisikan sebagai seperangkat kata yang disusun secara terstruktur sehingga menjadi kalimat yang mengandung arti.
       berdasarkan aktif atau pasifnya peserta komunikasi, bentuk komunikasi verbal dibedakan menjadi dua, yaitu :
  • Berbicara dan menulis
  • mendengar dan membaca



Tidak ada komentar:

Posting Komentar