A. Apa yang
anda ketahui tentang kewirausahaan dan karakteristik seorang wirausaha?
Jawab :
- wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan bisnis yang komersial atau non-komersial, Sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk mengambil resiko yang diperlukan untuk mengatur,mengelola dan melaksanakan suatu kegiatan bisnis serta menerima keuntungan financial. Hakikat dasar dari kewirausahaan adalah kreativitas dan keinovasian.
- Menurut Geoffrey G.Meredith (1996:5-6) mengemukakan karakteristik seorang wirausaha:
§ Percaya diri
dan Optimis
§ Berorientasi
pada tugas dan hasil
§ Berani
mengambil resiko dan menyukai tantangan
§ Kepemimpinan
§ Keorisinilan
§ Berorientasi
masa depan
§ Selalu mencari peluang
B.Sumber gagasan
untuk usaha baru
Jawab :- Orientasi Eksternal didapat dari :
1. Konsumen:
kita bisa mendapatkan ide usaha baru dari [calon] konsumen, yaitu dengan
mencoba memenuhi kebutuhan mereka yang mungkin belum terpenuhi oleh produk/jasa
yang telah ada. Misalnya: kita tahu bahwa konsumen menginginkan adanya jasa
pendidikan untuk anak-anak yang dibuat secara customize [khusus], maka kita
bisa menawarkan produk jasa bimbingan untuk sistem home schooling
2. Perusahaan
yang telah ada: kita bisa melakukan pengamatan terhadap usaha-usaha yang
kira-kira bisa diterima oleh pasar dan melakukan modifikasi atas usaha tersebut
sehingga punya keunggulan yang lebih. Misalnya: kita tahu bahwa batik ternyata
sedang digemari oleh masyarakat, maka kita bisa membuka usaha toko atau
produsen batik, tetapi dengan penambahan value tertentu [misalnya merek atau
rancangan yang menarik]. Perlu diingat, meskipun kita seakan-akan mencontoh
dari usaha yang telah ada, kita tetap harus tunduk dengan aturan yang berlaku,
misalnya aturan tentang hak paten dll.
3. Saluran
distribusi: kita juga bisa mendapatkan ide usaha/produk baru dari saluran
distribusi karena merekalah yang langsung berhubungan dengan konsumen sehingga
biasanya lebih paham tentang keinginan konsumen. Misalnya: saat ini kita sudah
memproduksi donat yang dititipkan ke warung-warung [warung di sini termasuk
saluran distribusi], maka kita bisa meminta masukan dari si pemilik warung,
kira-kira jenis jajanan apalagi yang disukai oleh konsumen.
4. Pemerintah:
ide usaha bisa di dapat dari berbagai macam peraturan yang dikeluarkan oleh
pemerintah. Misalnya: pemerintah mengeluarkan larangan ekspor rotan mentah,
maka kita bisa mendirikan usaha pengolahan rotan.
5. Penelitian
dan pengembangan: ide usaha baru seringkali didapat dari hasil penelitian dan
pengembangan yang berhasil menemukan produk baru. Misalnya: kita berhasil
menemukan cara untuk membuat brownies yang enak dari ampas tahu, maka kita bisa
mengembangkan penemuan tersebut sebagai usaha baru
- Orientasi Internal didapat dari :
Penggunaan sumberdaya pribadi: kita bisa melihat apa ada sumberdaya yang telah
kita miliki yang kira-kira bisa kita manfaatkan sebagai usaha baru. Misalnya:
kita hobi dan memiliki banyak koleksi komik, maka kita bisa mencoba membuka
usaha penyewaan komik.
Tiga Tahap penggunaan sumber daya – sumber daya internal yaitu :
Tiga Tahap penggunaan sumber daya – sumber daya internal yaitu :
1.Analisa
konsep hingga bisa terdefinisi dengan jelas, termasuk penguraian masalah yang
perlu dipecahkan
2. Penggunaan daya ingat untuk menemukan kesamaan
dan unsur-unsur yang nampaknya berhubungan dengan konsep dan masalah-masalahnya
3. Rekombinasi
unsur-unsur tersebut dengan cara baru dan bermanfaat untuk memecahkan
masalah-masalah dan membuat konsep dasar bisa dipraktekkan
C.Apa yang
anda ketahui tentang hak guna paten (Frechising) serta sebutkan keuntungan dan
kelemahannya!
Jawab :
Hak
guna paten merupakan pengaturan secara formal dalam suatu hubungan / cara
bisnis, dimana perusahaan franchise (pemilik hak guna paten) memberi hak
istimewa kepada franchisee (perusahaan pengguna hak guna paten), untuk
menggunakan nama, logo, produk, prosedur operasi,dsb.
Hak guna paten bisa didefinisikan sebagai persetujuan dimana perusahaan atau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merek dagang memberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor atau pengecer independen dengan imbalan pembayaran royalti dan menyesuaikan diri dgn prosedur operasi standar.
Hak guna paten bisa didefinisikan sebagai persetujuan dimana perusahaan atau distributor tunggal dari produk yang mempunyai merek dagang memberikan hak eksklusif kepada perusahaan, distributor atau pengecer independen dengan imbalan pembayaran royalti dan menyesuaikan diri dgn prosedur operasi standar.
- Keuntungan dari hak guna paten :
- Wirausahawan tidak perlu pusing dengan hal yang berkaitan memulai usaha baru.
- Pemberi hak guna paten akan memberikan rencana operasi bisnis dengan arah yang jelas.
- Pemberi hak bisa mendapatkan manfaat dari ekspansi cepat dan luas tanpa meminjam atau menanggung resiko financial penting.
- Hasil karya yang telah kita buat akan diakui secara sah oleh negara.
- Kelemahan dari hak guna paten :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar